PLAGIAT? SO SAD!

plagiat-erwinmiradi

Hi, dear~ how are you today?

Hari ini saya memulai topik yang kurang menyenangkan untuk dibahas. Plagiat. Sebenarnya hal seperti ini sudah tidak asing lagi dan saya pernah dengar beberapa contoh kasus author yang ff nya diplagiat. Saya selalu berharap diantara reader sekalian, tidak ada yang melakukan tindakan seperti itu.

Beberapa waktu lalu, seorang teman mengomentari salah satu ff saya. Di situ dia mengatakan kalau dia pernah membaca ff dengan cerita yang mirip dengan ff itu. Sebenarnya cukup terkejut, tapi saya selalu mencoba untuk berpikiran positif. Kemungkinan segala kemiripan hanyalah faktor ketidaksengajaan karena saya TIDAK PERNAH MEM-PLAGIAT KARYA ORANG dan saya berharap bahwa KARYA SAYA TIDAK DIPLAGIAT ORANG. Jadi, saya tanya seberapa miripkah cerita saya dan cerita orang itu?

Semalam, teman itu mengirim email dan meminta saya untuk mengecek sendiri seberapa miripnya cerita itu?

Meskipun sudah ngantuk berat, mengingat saya tinggal di Papua dengan perbedaan waktu yang lumayan—saya segera meluncur ke blog itu.

Betapa terkejutnya saya ketika melihat ff itu. Ngantuk mendadak kandas. Ternyata itu bukan faktor ketidaksengajaan melainkan faktor kesengajaan alias plagiat.

Kalian tahu ff yang saya buat untuk event bang Donghae di sjff2010? Dan ff itu keluar sebagai pemenang untuk event tersebut. Ya, ff dengan judul “SAKURA” itulah yang diplagiat oleh authornya.

Saya hafal betul letak dan penulisan ff itu karena ff itu murni imajinasi saya, membayangkan saya nyari artikel tentang kehidupan Jaman Edo dan lain sebagainya. So sad.

Judul ff itu diganti menjadi “CHERRY BLOSOM”, yah intinya sama sajakan? Sama2 Sakura.

 gbr 1

Saya tidak tahu tapi berdasarkan note pemilik blog sepertinya yg copy ff saya bukan author pemilik blog, dengan kata lain si author pemilik blog hanya mempublish ff dari si pelaku plagiat dan itu artinya sy dan dia adalah korban.

Cast ff itu diganti menjadi bang Siwon dan cast ceweknya kalo di ff saya wanita dari Jaman Edo namanya HIDEAKI CHIYOKO dan di blog dia diganti jadi HIZAWA RINRIN. Lalu nama wanita masih kini yang reinkarnasi Chiyoko kalo aslinya kan HANAZAWA CHIYO, nah di blog itu diganti HIZAWA CHYRIN.

*

Original

gb 2a

Plagiat

gb 2b.jpg

*

Original

gb 3a.jpg

Plagiat

gb 3b.jpg

*

Original

gb 4a.jpg.jpg

Plagiat

gb 4b.jpg.jpg

*

Ff itu publish di blog sjff2010 pada tanggal 17 Oktober 2013, dan dua hari kemudian yaitu tanggal 19 Oktober 2013 publish di sini..sementara di blog itu publish tanggal 16 Desember 2013. Silahkan cek tanggal publish di bawah :

 Di blog SJFF2010

 gb 5a.jpg.jpg

 gb 5b.jpg.jpg

Di Blogku

gb 6

Di blog itu

gb 7

Ini sangat menyedihkan. Sama sekali tidak terbayangkan jika saya akan mengalami yang namanya tindakan plagiat. Entah dia pengunjung blog ini atau pengunjung sjff2010 tapi intinya dia salah satu reader dan dengan tega mem-plagiat karya orang lain.

Saya sudah klarifikasi ke author itu dan sejauh ini belum ada tanggapan yang berarti, sy sih sudah tidak mempermasalahkan itu. Biarlah, itu urusan dia. Sejauh ini komunikasi sy dengan pemilik blog (orang yang membantu author itu utk mempublish ff di blognya), kami memang sama2 gak bisa berbuat apa2, tindakan si pemilik blog adalah menghapus ff yg sudah dia posting itu.

Kalian semua pasti tau kalo kita sebagai manusia itu diciptakan dengan daya imajinasi yang tinggi, jadi sebenarnya semua orang punya kesempatan untuk bereksperimen dengan imajinasi itu jadi gak perlu ngejiplak karya orang lain. Kita bisa lebih hebat dengan karya kita sendiri bukan hasil saduran.

Saya gak masalah jika ff saya dipublish di blog lain, asal sesuai aturan main.. jangan ada yang dirubah dan sertakan full credit.

Saya mengerti mengapa banyak author yang tiba-tiba menghilang trus tutup blog…saya mengerti perasaan seperti itu. Kesannya mungkin berlebihan kalo sampe harus tutup blog tapi saya merasakan seperti apa sedihnya ketika karya kita disadur oleh orang lain.

Teman2 semuanya.. saya sangat menghargai kalian dan saya juga sangat berharap bahwa tidak ada diantara kalian yang melakukan tindakan yang sangat tidak terpuji itu. Kalian yang berkunjung ke sini apalagi bersapa ria dengan saya lewat komenan kalian, sudah saya anggap keluarga di blog jadi sangat tidak elok jika kedatangan kalian ke sini punya maksud dan tujuan tertentu.

Ada yang bilang kalau orang suka nulis maka orang itu pasti suka baca. Saya sangat suka menulis tapi saya tidak suka membaca (kecuali komik). Jadi saya gak blog walking..saya hanya mengunjungi beberapa blog teman. So, saya gak akan pernah tau kalo ff ku dibajak orang jika saya tidak diinfokan oleh teman itu.

Saya minta kerja sama kalian semua, jika kalian menemukan tindakan plagiat terhadap ff saya tolong segera infokan.. saya akan buka page khusus untuk pelaporan plagiat dan saya harap page itu sunyi (artinya gak ada lg laporan plagiat), tp kalo ada HARUS DILAPOR ya…

Btw, terima kasih untuk “elfexotic” yang sudah memberikan informasi…

Sekesal-kesal apa pun, sebaiknya dihindari yang namanya main hakim sendiri. Jadi teman-teman, tolong jangan mempojokkan siapa pun dengan kata-kata kasar. Setiap pelanggaran pasti ada ganjaran tapi jangan sampai kita yang mengganjar. Siapa pun gak berhak menghakimi orang lain, kita gak punya kapasitas untuk itu tapi intropeksi diri aja. Saya gak ingin nge-bash dia jadi saya ke blog itu buat klarifikasi, memperjelas kesalahan yang terjadi. Awalnya saya pengen ngerusuh tp kasihan juga sih, kalo karena perbuatannya dia jadi diomongin padahal belum tentu dia sejahat itu atau barangkali itu pertama kali dia plagiat karya orang trus langsung di cap buruk sama orang lain itu sgt menyedihkan. Semoga saja dia belajar dari kesalahan. Semua orang itu pasti bikin kesalahan, tapi jangan sampe kita ngulangi kesalahan yang sama untuk kedua kali apalagi sampe berkali-kali.

Dan… jangan karena saya bisa mentolerir tindakan plagiat kali ini trus kalian juga berniat plagiat.. OH NO! Kata orang, tingkat kesabaran manusia itu ada batasnya. Jadi saya tidak menjamin bisa sesabar ini atau menjamin tidak nge-bash kalau tindakan seperti ini terulang. Untuk siapa pun si pelaku plagiat itu, tolong di hapus aja ff yang bukan karyamu atau, kamu sertakan full credit dan jangan rubah ff seenak jidat. Jangan diulangi lagi. Ini pesan umum buat yang punya rencana plagiat karya orang lain, bukan hanya karya saya tp karya author2 lain.

Oke, see you next time…

179 thoughts on “PLAGIAT? SO SAD!

  1. yoshin berkata:

    Annyeong,aku pengunjung baru diblog kamu,belum sempet baca ff kamu sebenernya tapi ikut sedih juga kenapa orang berotak dangkal pengen dikenal dari plagiat karya orang lain,menyedihkan juga sebenarnya itu orang.
    sebelumnya aku izin dulu ngubek blog kamu,tp pas baca tentang pw,harus email ya kalau minta pw?soalnya gak pernah buka email karena lepi rusak.alternatif lain boleh gak,twitter atau fb??
    aku harap juga gak ada plagiat2 lain yg akan merugikan orang lain.gomawo

  2. KSMaMin berkata:

    eon.. yang sabar oke.. semua pasti ada hikmahnya. aku yakin orang yang plagiat itu ttp ada rasa bersalahnya meskipun suma sedikit. semangat eon.. FIGHTING!!!

  3. anisah berkata:

    aku sedih smkn banyak author2 bagus yg d plagiatin, aku harap org itu d beri hidayah(bhskubgsbgtya,kekeke) fighting buat eonni! dia pasti akan dpt karmany kok…

  4. Dyadiadia berkata:

    MARCHIA EONNIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    WAH~ UDH BERAPA LAMA AKU GAK MAMPIR… mian, ternyata hbs UAS justru tambah sibuk,,, lagi hiatus dr apapun hehe ^^ berhubung libur, dan keluarga gak ada acara mau pergi,,, aku mampir deh..

    Tp kedatanganku yg sangat berharga bagimu ini, kok disambut dengan berita ini ya…

    Gak banget sumpah… Semoga aja gak terjadi lagi~

    Ouh~ aku udh gak sabar baca… aku tinggal halaman ini dan baca FF yang mau aku baca dulu ya…

    #StayStrongDya~ gak bisa komen yg pertama huhu T.T

  5. Imagination has no age berkata:

    Aneyoong eonni~~

    Wahh!! Ff yg eonni critain di atas aku lum baca.
    Karena kasus plagiat ini aku malah semakin penasaran sama critanya..

    Untung eonni sabar, soalnya aku dah khawatir eonni bkal nutup blog. Ini kan salah satu blog favorite ku.

    Ibarat pepatah makin tinggi pohon makin kencang angin yg mengguncang.. *bener ga tu eon pepatahnya ??

    Ini salah satu ujian n proses eon.. ganbate kudasai!!

  6. Ninda Dwil Dwilaras berkata:

    Hallo eonniiiiiiii…
    Baru buka blog eonni lagi *hiatusjadireader* :p hehe.
    Eonn? Baru buka blog ini langsung disambut berita kurang menyenangkan seperti ini -_- #staystrongMarchiaeonni
    Please jangan tutup blog mu ya eonn.. Ini blog favoritkuuu.. Eonni yang sabar aja, pasti nanti ada hikmahnya kok :”””)

  7. ferhanifatimah berkata:

    Double wow buat si plagiat. Bisa banget dia copas segitu samanya dan cuma ganti nama. Fiuuuhh sedih banget pasti kalo diplagiat kayak gini.. Semangat kak Marchia!! Banyak yang tau karya kakak bagus-bagus kok, jadi kalo ada yang plagiat juga pasti cepet ada laporan.. Semangat :))

  8. deaLeehae berkata:

    aaiishhh jinjaaa itu orang eon nyebelin bangeet. Duh,, untung eon sangat bijaksana menanggapinyaa. Eonn.. harus sabar dan yang tabah yaa eon^^ mmg kalau semakin tinggi pohon pasti makin banyak yang bertiup. hmm.. eon harus kuat dan terus berkaryaaa ^^ aku tunggu karya eonni marchia selanjutny yaa ^^ Love ❤

  9. vhiyzaza berkata:

    annyeong chingu 😀 reader baru ni, kenalkan nama vhiy umur 20 th, sebenarnya q belum sempat baca ff chingu tapi pas buka blog chingu langsung dapat berita begini.. tetap semangat aja chingu itu tandanya si plagiator ngefans bngt sama chingu

    oya q izin buat baca ff chingu ya

  10. dama berkata:

    Kalo aku bilang sih, mungkin author itu secara langsung terinspirasi sama cerita kaka, tapi dia menuangkannya di jalan yang salah sih haha
    semangat ka, ambil positifnya aja

  11. HCV_1 berkata:

    annyeong eonni, haaahhh…. setelah lama tidak berkunjung ternyata udah banyak banget updatet’an terbaru dari karya eonni
    dan jdeng aku shyok berat, karna tau karya eonni di plagiat
    eonni jangan dendam kesumat sama yg memplagiat karya eonni, mungkin dia tidak bisa menemukan jalan yang benar untuk berkarya
    eonni fighting !!! ada hikmah di balik ini semua
    dan terus berkarya ya ^-^)9

  12. csparkyu berkata:

    Eonn, mian kalau out of topic

    aku mau bilang, Chukkaeyo eonni !!!
    Ff eonni kepilih di Super Junior Ff 2010 !!
    Ff winner buat event ultahnya Cho Kyuhyun !!!
    Daebakk eonn !!
    Publish di bolg eonni juga yaaa 😀
    Keep writing lho eonn !! ^^

  13. just_dez berkata:

    Marchiaaaaaaa…….dont be sad, okay?
    Anggep aja tu orang terlalu menyukai karyamu, makanya saking ngefans nya, jadi gitu deh, hehe
    Nama akunnya apaan? Sini q bantuin teror, kwakwak

    Q emg plg ga suka sama plagiator, walopun q gbs nulis, tp ada acara plagiat-memplagiat gini males juga sih

    Tapi setidaknya, hal ini membuktikan bahwa kamu adalah salah satu author favorit byk orang, karyamu disukai byk orang, nyatanya sampe ada yg kurang kerjaan memplagiat karyamu kan…

    Btw, jgn smpe brenti nulis ya, kasian yg jadi reader tetapmu

    Semangat Marchiaa \^^/

  14. Chyeon Jen berkata:

    lama ga nongol d blog mu mw pun dunia maya aq cukup terkejut jg chia ma postingan mu ini… baru aja buka blog udah ngeliat maslah plagiat… haishhhhh….. yg nama.a plagiat itu susah d cari.. salaj 1 onni q jg ff.a byk d plagiat.. sedih jg mengingat yg nama.a hsl pemikiran sndri tapi tgl d copas ma org lain tanpa ada usaha sndr..tgl ngambil hasil keringat org…

    btw sprt.a byk updetan baru ya 😀
    Tetap semangat ya,jangan kalah sama yg nama.a plagiat…
    klo ada pak polisi yg bs nangani mslh plagiat qt serahkan aja pd pakpol,tapi berhub ini bkn mslh negara,jadi qt serahkan saja sm malaikat penimbang dosa,biar mereka yg ngasih tau langsung ma Pak Presiden di Atas biar di hukum langsung.. 😀
    keep smile and always update your blog,stay cool sis.. 😀

    q belum sempat main d blog mu,msh byk kerjaan yg ke pending sma..

    klo uda mli bkn requestan q PM ke fb aja ya,biarpun q ga tau jg kpn bru bakal buka, q benar2 putusin sma koneksi net..

  15. Fazriyah berkata:

    Hallo aku pembaca baru, yg baru sempet datang lagi 🙂
    Itu benar-benar mirip, copypaste bangeet.. Semoga hal tersebut hanya terjadi sekali sajaa.. Semangat author!

  16. penikmatlangitsenja berkata:

    hai…aq reader baru dan langsung baca ini…g tau harus bilang apa, yg pasti rasanya keseeeeel banget sama tuh plagiator..parah banget deh..sabar ya marchia ssi, suatu saat juga orang yg kayak gitu pasti kena batunya…semangat yaaa! ^^

  17. Firda Astuti berkata:

    aduh … parah banget tuh orang.
    bukannya terima kasih sama author yg udah ngasih hiburan gratis eh dia malah plagiat seenak jidatnya … 😦
    Sabar aja kak … aku heran ada ajah manusia kayak gitu ….
    jangan patah semangat tetap ciptakan kaya – karya mu yg luar biasa yah …. ^_^
    jangan terpengaruh sama orang – orang gak tau diri kayak gitu kita para reader bakal jadi pembaca yg baik dan mentaati peraturan disini kog ….. 🙂

  18. Go HyunRa berkata:

    Annyeong aku reader bru di WP kmu^^ Qonitah imnida, emang sih blm smpat bca tpi pas liat brita di atas rasanya sedih gtu, aku stuju sma kmu klo manusia memang punya imajinasi yg bsa di kembngkan dan nggak seharusny PLAGIAT karya orng… Aku sbgai pmbaca dan sbgai orng yg trtark buat nulis aku sdr bngt klo ngerangkai kta” dan berimajinasi itu nggak mudah 🙂

    jdi aku sbgai reader yg baik bkln ikutin peraturan di sni kok 😀

  19. tanaya tan berkata:

    kunjungan pertama .
    ngga habis pikir juga sih sama pelaku plagiarisme.. keep strong baby. itu tandanya ff kamu ddaebak ^^ terus berkarya ya..
    mau ngubek ff dulu. anyeeooonngg

  20. Anggi Noviyanti berkata:

    eonni, salam kenal… saya reader baru.
    boleh minta PW ff eonni yang i feel in love my trouble maker girl sama sequel nya g eonn…
    ak sudah kirim email.
    makasih eonni sblmya…

  21. imgyu berkata:

    terus gimana sekarang kak? Apa pelakunya udah ngomong sesuatu? Apa masih diem?
    Ya Allah kakak sabar banget ngadepin si mbak yg ngeplagiat, kalo author yg prnh aku temui beda ngomongnya kak. Kakak ngomong disininya juga kalo kata aku alus, enggak pake capslock jebol. Kakak jg author yg msk kategori ramah sm readersnya, buktinya kakak srg balesin komenan kita.. Jarang ditemui author yg kayak kakak.. Jadi seharusnya si mbak yg ngeplagiat jg tau diri udah dibaikin sama kakak. Semangat ya kak!! +++ tetep sabar ya kak 😀

    • marchiafanfiction berkata:

      Pelakunya bukan si pemilik blog. pemilik blog hanya memposting ff titipan itu. pelakunya gak ngaku sih *klise*, tapi it’s okaylah…sudah bukan masalah sekarang. yang lalu biarlah berlalu, dan semoga tidak terulang kejadian yang sama

Mohon Saran dan Kritikannya

